MAKALAH PRAKTIKUM
TEKNOLOGI INFORMATIKA
BAHASA JAVA DALAM DUNIA
JARINGAN KOMPUTER
Disusun
Oleh :
1.
Nadia Azhari Setyorini
(21070112120014)
2.
Lo, Hendrawan Wijaya
(21070112130068)
3.
Muhammad Arasyandi
(21070112140109)
PROGRAM STUDI TEKNIK
INDUSTRI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2012
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang
telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil
menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul
“BAHASA JAVA DALAM DUNIA JARINGAN KOMPUTER”
Makalah ini berisikan tentang informasi kegunaan
bahasa java dalam kehidupan sehari-hari, pemaksimalan jaringan, dan kegunaan
java dalam jaringan.
Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi
kepada kita semua tentang kegunaan Java dalam jaringan.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari
sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat
membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua
pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai
akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Semarang, 9 November 2012
Kelompok 7
DAFTAR ISI
COVER........................................................................................................................ i
KATA
PENGANTAR................................................................................................. ii
DAFTAR
ISI................................................................................................................ iii
BAB
I : PENDAHULUAN......................................................................................... 1
1.1 LATAR
BELAKANG MASALAH................................................................ 1
1.2 RUANG
LINGKUP........................................................................................ 1
1.3 RUMUSAN
MASALAH................................................................................ 1
1.4 TUJUAN.......................................................................................................... 2
1.5 MANFAAT...................................................................................................... 2
BAB
II : PEMBAHASAN.......................................................................................... 3
2.1 PENGERTIAN
BAHASA PEMROGRAMAN............................................. 3
2.2 BAHASA
PEMROGRAMAN JAVA............................................................ 3
2.3 PENGERTIAN
JARINGAN........................................................................... 4
2.4 MANFAAT
JARINGAN................................................................................ 5
2.5 JAVA
DALAM JARINGAN.......................................................................... 6
BAB
III : PENUTUP................................................................................................... 15
3.1 KESIMPULAN................................................................................................ 15
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................................. 16
BAB I : PENDAHULUAN
1.1. LATAR
BELAKANG MASALAH
Pada
abad ke-21 ini, penggunaan teknologi jaringan dalam dunia komputer sudah lumrah
dan tidak terbantahkan lagi manfaatnya dalam mendukung berbagai kegiatan
manusia. Jaringan ini banyak dimanfaatkan untuk kegiatan pendidikan, bisnis,
militer, bahkan untuk game pun juga memanfaatkan jaringan sebagai penghubung
dua atau lebih PC yang digunakan untuk bermain game.
Tidak
salah lagi jika banyak para programmer sekarang ini semakin kreatif dalam
membuat inovasi dalam membuat jaringan yang semakin efektif dan efisien
penggunaannya. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan dari client yang
semakin rumit permintaannya untuk kecepatan transfer data/informasi dalam
jaringan itu sendiri, sehingga dibutuhkan jaringan yang aksesnya cepat, tidak
lelet, dan tentu saja punya tingkat keamanan yang membuat client nyaman.
Penggunaan
bahasa pemrograman java dalam dunia jaringan juga semakin banyak kegunaannya,
karena java merupakan bahasa pemrograman nomor satu dari berbagai bahasa
pemrograman yang sudah ada. Oleh karena itu, dari semakin kompleksnya kebutuhan
manusia, penulis mencoba membahas berbagai keuntungan pemakaian java dalam
dunia jaringan.
1.2. RUANG
LINGKUP
Pada
penulisan makalah ini, penulis membatasi masalah yang ada dengan membahas
keuntungan pemakaian java, pemaksimalan jaringan, dan java dalam jaringan.
1.3. RUMUSAN
MASALAH
1.3.1.1.
Apa saja keuntungan
bahasa pemrograman java?
1.3.1.2.
Bagaimana memaksimalkan
jaringan?
1.3.1.3.
Bagaimana penggunaan
java dalam jaringan?
1.4. TUJUAN
1.4.1.1.
Menyelesaikan tugas
pendahuluan praktikum teknologi informatika
1.4.1.2.
Mengetahui keuntungan
bahasa pemrograman java
1.4.1.3.
Mengetahui cara
memaksimalkan jaringan
1.4.1.4.
Mengetahui cara
menggunakan java dalam jaringan
1.5. MANFAAT
1.5.1.1.
Mendapatkan nilai yang
bagus dalam tugas pendahuluan praktikum teknik informatika
1.5.1.2.
Memahami cara kerja
bahasa pemrograman java dalam dunia jaringan
BAB II : PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN
BAHASA PEMROGRAMAN
Bahasa pemrograman adalah suatu istilah
yang menjelaskan bahasa yang dapat dipahami oleh komputer. Dalam dunia perkomputeran
dikenal dua jenis bahasa pemrograman, yaitu bahasa pemrograman tingkat tinggi
dan bahasa pemrograman tingkat rendah.
Sebuah bahasa pemrograman atau bahasa
komputer di artikan sebagai teknik komunikasi yang sudah distandarisasi untuk
menyatakan instruksi-instruksi kepada komputer. Bahasa pemrograman adalah
kesatuan aturan sintaksis dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah
program.
Sebuah bahasa pemrograman memungkinkan seorang
programmer untuk memutuskan secara tepat apa yang harus dilakukan oleh komputer
pada saat itu, cara mengatur alur transfer data, input-output, dan
kegiatan-kegiatan lains yang harus dilakukan dalam berbagai keadaan.
Bahasa pemrograman tingkat rendah
merupakan bahasa pemrograman yang sulit dimengerti oleh manusia, sedangkan
bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih mudah dipahami oleh manusia. Contoh
dari bahasa pemrograman tingkat rendah adalah Assembly, dan contoh bahasa
pemrograman tingkat tinggi adalah C dan Pascal.
2.2 BAHASA
PEMROGRAMAN JAVA
Bahasa pemrograman java adalah teknologi
yang pertama kali diperkenalkan oleh Sun Microsystems sekitar tahun 1990an.
Menurut definisi dari Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk
membuat dan menjalankan perangkat luinak pada komputer standalone ataupun pada
lingkungan jaringan. Banyak orang menyebut Java sebagai sebuah teknologi
dibanding hanya sebuah bahasa pemrograman. Teknologi Java memiliki tiga
komponen penting yang menopang Java itu sendiri, yaitu :
1. Programming-language specification
2. Application-programming interface
3. Virtual-machine specification
Bahasa Java bisa dikategorikan sebagai
bahasa pemrograman berorientasi objek, pemrograman terdistribusi dan bahasa
pemrograman multithrreaded . Objek Java dispesifikkan dengan membentuk
kelas-kelas. Untuk masing-masing kelas Java, kompiler Java mengeluarkan sebuah
file keluaran arsitektur netral yang akan berjalan pada berbagai implementasi
dari Java Virtual Machine (JVM). Pada awalnya Java sangat digemari oleh para
programmer, karena Java mendukung untuk applets , dimana program dengan akses
sumber daya terbatas dapat berjalan dalam sebuah web browser. Java juga mampu
menyediakan dukungan level tingkat tinggi untuk networking dan objek
terdistribusi. Java juga dianggap sebagai sebuah bahasa yang mempunyai tingkat
keamanan yang tinggi. Tampilan ini pada khususnya hanya menganggap bahwa sebuah
program Java bisa mengeksekusi sebuah jaringan terdistribusi. Bahasa Java pada
jaman ini termasuk bahasa pemrograman yang relatif mudah untuk dipelajari
karena banyaknya contoh dan konsep yang beredar luas, baik berupa buku panduan
belajar java maupun yang sudah dipublikasikan di internet. Tetapi program yang
dibuat dalam bahasa Java juga relatif lebih banyak membutuhkan waktu saat di eksekusi
(lebih lama), hal ini dikarenakan untuk menjalankan programnya dibutuhkan JVM
(perantara antar program dan sistem operasi).
2.3 PENGERTIAN
JARINGAN
Pengertian dari Jaringan komputer adalah
sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang
saling terhubung dalam suatu kesatuan. Media untuk jaringan komputer dapat
digunakan kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan
komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti dokumen dan data,
serta dapat juga melakukan pencetakan pada printer yang sama dan bersama-sama
memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan.
Setiap komputer, ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu
jaringan disebut dengan node. Dalam sebuah jaringan komputer dapat mempunyai
dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
Jaringan Komputer adalah sekelompok
komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan
protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi
informasi, program – program, penggunaan bersama perangkat keras seperti
printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer dapat juga
diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai
lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer dan saling berhubungan.
2.4 MANFAAT
JARINGAN
1.
Sharing
resources
Sharing resources bertujuan agar seluruh
program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang
yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh
dari pemakai.
2.
Media
Komunikasi
Jaringan komputer sangat memungkinkan
terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk
mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
3.
Integrasi
Data
Jaringan komputer dapat mencegah
ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus
dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat
lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan
pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
4.
Pengembangan
dan Pemeliharaan
Pengembangan peralatan dapat dilakukan
dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti
printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi
cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama.
Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan
lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka
pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.
5.
Keamanan
Data
Sistem Jaringan Komputer dapat
memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak
akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga
data mendapatkan perlindungan yang efektif.
6.
Sumber
Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini
Dengan pemakaian sumber daya secara
bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi.
Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada
perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.
2.5 JAVA
DALAM JARINGAN
Dalam pemrograman, jaringan (network)
hanyalah salah satu jenis dari input di mana data bisa diambil, dan output di
mana data bisa dikirim. Konsep ini mempermudah pemahaman tentang pemrograman
dalam jaringan, akan tetapi ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan
sehingga pemrograman pada jaringan dapat berhasil dengan baik.
Pada Java, bisa digunakan aliran input
dan output untuk melakukan komunikasi pada network, seperti halnya pada file.
Akan tetapi membuat koneksi jaringan antara dua komputer sedikit lebih rumit,
karena ada dua komputer yang berbeda, yang keduanya harus setuju membuka
koneksi. Dan ketika data dikirimkan dari satu komputer ke komputer lain,
komunikasi harus dilakukan seirama sehingga data yang dikirimkan akan sampai ke
komputer yang lain.
Salah satu paket Java standar adalah
java.net. Paket ini memiliki beberapa kelas yang bisa digunakan untuk
berkomunikasi melalui jaringan. Dua jenis I/O network disediakan dalam paket
ini. Yang pertama, yang lebih tinggi tingkatannya, berdasarkan pada Web dan
memberikan fasilitas komunikasi seperti halnya web browser ketika mendownload
suatu halaman web untuk kemudian ditampilkan. Kelas utama dalam jenis network
seperti ini adalah java.net.URL dan java.net.URLConnection. Suatu objek bertipe
URL adalah lambang abstrak dari sebuah URL (Universal Resource Locator), yaitu
alamat web di mana dokumen HTML atau lainnya bisa ditemukan pada web. Sedangkan
URLConnection adalah koneksi network ke dokumen tadi.
Jenis I/O kedua adalah melihat jaringan
pada tingkatan yang lebih rendah, yaitu berdasarkan ide suatu soket (socket).
Soket digunakan oleh program untuk melakukan koneksi dengan program lain pada
suatu jaringan. Komunikasi melalui network melibatkan dua soket, yaitu
masing-masing pada setiap komputer. Java memiliki kelas java.net.Socket untuk
merepresentasikan suatu soket yang digunakan dalam komunikasi network.
Istilah "soket" mungkin mirip
dengan colokan kabel data (misalnya) modem, akan tetapi penting untuk diingat
bahwa soket adalah objek bertipe Socket. Artinya program bisa memiliki beberapa
soket dalam waktu yang sama, yang masing-masing terhubung ke program yang
dijalankan pada komputer lain. Semuanya menggunakan koneksi network yang sama
dari satu kabel.
Contoh pemrograman jaringan:
Contoh ini melibatkan dua program, yaitu
klien sederhana dan servernya. Klien melakukan koneksi dengan server, membaca
satu baris teks dari server, kemudian menampilkan teks ini pada layar. Teks
yang dikirim oleh server adalah tanggal dan waktu saat ini di komputer di mana
server dijalankan.
Untuk membuka koneksi, klien harus tahu di komputer mana server dijalankan dan di port mana server tersebut mendengarkan permintaan sambungan. Server akan mendengarkan pada port bernomor 32007. Nomor port ini bisa berapapun di antara 1025 hingga 65535, asalkan klien dan servernya menggunakan port yang sama. Nomor port antara 1 hingga 1024 hanya digunakan oleh layanan standar dan seharusnya tidak digunakan untuk server lainnya.
Untuk membuka koneksi, klien harus tahu di komputer mana server dijalankan dan di port mana server tersebut mendengarkan permintaan sambungan. Server akan mendengarkan pada port bernomor 32007. Nomor port ini bisa berapapun di antara 1025 hingga 65535, asalkan klien dan servernya menggunakan port yang sama. Nomor port antara 1 hingga 1024 hanya digunakan oleh layanan standar dan seharusnya tidak digunakan untuk server lainnya.
Nama komputer atau alamat IP di mana
server dijalankan harus diberikan pada paramater baris perintah. Misalnya jika
server dijalankan pada komputer kita sendiri, kita bisa memanggilnya dengan
"java KlienTanggal localhost". Berikut ini adalah program klien
lengkapnya.
import
java.net.*;
import
java.io.*;
public
class KlienTanggal {
static final int
PORT_PENDENGAR = 32007;
/**
* @param args
*/
public static void
main(String[] args) {
String komputer; // Nama komputer yang akan disambungkan
Socket koneksi; // Soket untuk berkomunikasi dengan
// komputer
tersebut
Reader masuk; // Aliran untuk membaca data dari
koneksi
/* Ambil nama komputer dari baris
perintah */
if (args.length > 0)
komputer = args[0];
else {
// Tidak ada nama komputer yang
diberikan
// Beri pesan kesalahan dan
program selesai
System.out.println("Cara
menggunakan : java KlienTanggal
<server>");
return;
}
/* Buat koneksi, kemudian baca dan
tampilkan di layar */
try {
koneksi = new Socket(
komputer, PORT_PENDENGAR );
masuk = new
InputStreamReader( koneksi.getInputStream() );
while (true) {
int ch = masuk.read();
if (ch == -1 || ch == '\n'
|| ch == '\r')
break;
System.out.print( (char)ch
);
}
System.out.println();
masuk.close();
}
catch (IOException e) {
System.out.println("Kesalahan
: " + e);
}
}
}
Perhatikan bahwa semua komunikasi dengan
server dilakukan dalam pernyataan try ... catch.
Ini akan menangkap pengecualian IOException yang mungkin terjadi
ketika koneksi sedang dibuka atau ditutup atau sedang membaca karakter dari
aliran input.
Aliran yang digunakan adalah aliran
sederhana Reader yang memiliki operasi input masuk.read().
Fungsi ini membaca satu per satu karakter dari aliran, kemudian mengembalikan
nomor kode Unicodenya. Jika akhir aliran telah dicapai, maka nilai -1 akan
dikembalikan. Perulangan while membaca karakter ini satu per satu hingga akhir
aliran ditemui atau akhir baris ditemui. Akhir baris ditandai dengan salah satu
dari '\n' atau '\r' atau keduanya, tergantung dari jenis komputer di mana
server tersebut berjalan.
Agar program ini dapat berjalan tanpa
kesalahan, maka program server harus dijalankan terlebih dahulu. Kita bisa
membuat program klien dan server pada komputer yang sama. Misalnya kita bisa
membuat dua jendela konsol pada windows, kemudian menjalankan server di konsol
yang satu dan menjalankan klien di server yang lain. Agar ini bisa berjalan,
komputer lokal kita memiliki alamat 127.0.0.1, sehingga perintah "java KlienTanggal
127.0.0.1" artinya sama dengan memerintahkan program KlienTanggal untuk
melakukan sambungan dengan server yang berjalan di komputer yang sama. Atau
bisa juga menggunakan alamat "localhost" sebagai pengganti
"127.0.0.1".
Program servernya kita namakan Server
Tanggal. Program Server Tanggal membuat ServerSocket untuk
mendengarkan permintaan sambungan pada port 32007. Setelah soket pendengar kita
buat, maka server akan masuk pada perulangan tak hingga di mana ia menerima dan
mengolah permintaan sambungan. Program ini akan berjalan terus menerus tanpa
henti kecuali kita hentikan dengan paksa -- misalnya dengan menekan tombol
Ctrl-C di jendela konsol di mana server dijalankan.
Ketika koneksi diterima dari klien,
server akan memanggil subrutin lain untuk menangani koneksi tersebut. Dalam
subrutin itu, pengecualian apapun yang terjadi akan ditangkap sehingga server
tidak akan mati. Subrutin akan membuat aliran PrintWriter untuk
mengirim data melalui koneksi yang terjadi.
Server akan menulis tanggal dan waktu sekarang pada aliran output ini, kemudian menutup koneksi. (Kelas standarjava.util.Date akan digunakan untuk mengambil tanggal saat ini. Objek bertipe Date melambangkan tanggal dan waktu. Konstruktor standarnya, "new Date()" membuat objek yang melambangkan tanggal dan waktu ketika objek tersebut dibuat.).
Server akan menulis tanggal dan waktu sekarang pada aliran output ini, kemudian menutup koneksi. (Kelas standarjava.util.Date akan digunakan untuk mengambil tanggal saat ini. Objek bertipe Date melambangkan tanggal dan waktu. Konstruktor standarnya, "new Date()" membuat objek yang melambangkan tanggal dan waktu ketika objek tersebut dibuat.).
Berikut ini adalah program server
lengkapnya :
import
java.net.*;
import
java.io.*;
import
java.util.Date;
public
class ServerTanggal {
static final int
PORT_PENDENGAR = 32007;
/**
* @param args
*/
public static void
main(String[] args) {
ServerSocket pendengar; //
Mendengarkan sambungan yang masuk
Socket koneksi; // Untuk
berkomunikasi dengan sambungan yang masuk
/*
* Menerima dan mengolah sambungan
selamanya, atau hingga kesalahan
* terjadi. (Kesalahan yang terjadi
ketika sedang berkomunikasi atau
* mengirimkan tanggal akan ditangkap
untuk mencegah server crash)
*/
try {
pendengar = new
ServerSocket(PORT_PENDENGAR);
System.out.println("Mendengarkan pada port " +
PORT_PENDENGAR);
while (true) {
koneksi = pendengar.accept();
kirimTanggal(koneksi);
}
} catch (Exception e) {
System.out.println("Maaf,
server telah mati.");
System.out.println("Kesalahan
: " + e);
return;
}
}
static void
kirimTanggal(Socket klien) {
// Parameternya, klien, adalah soket
yang telah terhubung dengan
// program lain. Ambil aliran
keluaran untuk melakukan sambungan,
// kirim tanggal saat ini dan tutup
sambungan.
try {
System.out.println("Sambungan
dari "
+ klien.getInetAddress().toString());
Date sekarang = new Date(); //
Tanggal dan waktu saat ini
PrintWriter keluar; // Aliran
output untuk mengirim tanggal
keluar = new
PrintWriter(klien.getOutputStream());
keluar.println(sekarang.toString());
keluar.flush(); // Pastikan data
telah terkirim!
klien.close();
} catch (Exception e) {
System.out.println("Kesalahan
: " + e);
}
}
}
Jika kita jalankan ServerTanggal pada
konsol, maka ia akan diam menunggu datangnya permintaan sambungan dan
melaporkannya apabila permintaan telah masuk. Agar
layanan ServerTanggal tetap tersedia pada suatu komputer, program
tersebut seharusnya dijalankan sebagai daemon. Daemon adalah program yang
terus berjalan pada suatu komputer, tidak peduli siapa yang menggunakan
komputer itu. Komputer bisa dikonfigurasi untuk menjalankan daemon secara
otomatis ketika komputer dinyalakan. Kemudian ia akan berjalan di latar
belakang, meskipun komputer digunakan untuk hal lainnya. Misalnya, komputer
yang menyediakan layanan Web menjalankan daemon yang mendengarkan permintaan
sambungan untuk melihat halaman web dan meresponnya dengan mengirimkan isi
halaman tersebut. Bagaimana menjalankan program sebagai daemon tidak akan kita
bahas di sini, dan bisa Anda temui pada buku-buku tentang administrasi server
dan jaringan.
Lihat setelah memanggil keluar.println() untuk mengirim data ke klien, program server memanggilkeluar.flush(). Metode flush() tersedia pada semua kelas aliran output. Metode ini digunakan untuk menjamin bahwa data yang telah dikirim pada aliran benar-benar dikirim ke tujuannya. Kita harus memanggil fungsi ini setiap kali kita menggunakan aliran output untuk mengirim data melalui jaringan. Jika tidak, ada kemungkinan program akan mengumpulkan banyak data dan mengirimkan semuanya sekaligus. Mungkin dari segi efisiensi terlihat bagus, akan tetapi tentunya pesan akan sangat lambat sampai di program klien. Atau bahkan masih ada data yang belum terkirim hingga soket ditutup.
Lihat setelah memanggil keluar.println() untuk mengirim data ke klien, program server memanggilkeluar.flush(). Metode flush() tersedia pada semua kelas aliran output. Metode ini digunakan untuk menjamin bahwa data yang telah dikirim pada aliran benar-benar dikirim ke tujuannya. Kita harus memanggil fungsi ini setiap kali kita menggunakan aliran output untuk mengirim data melalui jaringan. Jika tidak, ada kemungkinan program akan mengumpulkan banyak data dan mengirimkan semuanya sekaligus. Mungkin dari segi efisiensi terlihat bagus, akan tetapi tentunya pesan akan sangat lambat sampai di program klien. Atau bahkan masih ada data yang belum terkirim hingga soket ditutup.
Berikut ini adalah screen shot hasil
pemanggilan program di atas pada dua konsol, masing-masing untuk server dan
kliennya.
Dan program di atas dapat diunduh pada daftar sisipan di bawah, dan diimpor ke dalam Eclipse dengan menggunakan instruksi pada halaman berikut.
Untuk menjalankan program di atas, jalankan program server terlebih dahulu, dari dalam konsol ketik "cd <nama_direktori_tempat_proyek_server_berada>\bin" (di screen shot di atas direktorinya berada di c:\belajarjava.lyracc.com\servertanggal\bin) kemudian ketik "java ServerTanggal".
Kemudian untuk menjalankan program klien, lakukan dengan cara yang serupa, yaitu buka konsol baru, kemudian ketik "cd <nama_direktori_tempat_proyek_klien_berada>\bin" (di screen shot di atas direktornya berada di c:\belajarjava.lyracc.com\klientanggal\bin) kemudian ketik "java KlienTanggal localhost".
Dan program di atas dapat diunduh pada daftar sisipan di bawah, dan diimpor ke dalam Eclipse dengan menggunakan instruksi pada halaman berikut.
Untuk menjalankan program di atas, jalankan program server terlebih dahulu, dari dalam konsol ketik "cd <nama_direktori_tempat_proyek_server_berada>\bin" (di screen shot di atas direktorinya berada di c:\belajarjava.lyracc.com\servertanggal\bin) kemudian ketik "java ServerTanggal".
Kemudian untuk menjalankan program klien, lakukan dengan cara yang serupa, yaitu buka konsol baru, kemudian ketik "cd <nama_direktori_tempat_proyek_klien_berada>\bin" (di screen shot di atas direktornya berada di c:\belajarjava.lyracc.com\klientanggal\bin) kemudian ketik "java KlienTanggal localhost".
Untuk mengetahui di direktori mana
proyek ini berada pada Eclpse Anda, klik kanan proyek tersebut dari dalam
Eclipse -> Properties.
BAB III : PENUTUP
1.1 KESIMPULAN
Pada jaringan dibutuhkan minimal dua
buah computer (server dan client) yang saling terkoneksi agar bisa saling
bertukar data dan informasi satu sama lain. Pada Java, bisa digunakan aliran
input dan output untuk melakukan komunikasi pada jaringan, seperti halnya pada transfer
file di komputer.
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Syukri. 2012. Pengertian
Jaringan Komputer. http://www.it-artikel.com/2012/04/pengertian-jaringan-komputer.html.
Ilmu, Kumpulan. 2012. Contoh Makalah Algoritma dan Pemrograman
menggunakan Pascal. http://mbegedut.blogspot.com/2012/09/contoh-makalah-algoritma-pemrograman-pascal.html.
Saputro, Bado. 2012. BAHASA PEMROGRAMAN. http://ndutagen.blogspot.com/2012/03/artikel-bahasa-pemrograman.html.
Yoga, Putu. 2010. 10 Bahasa Pemrograman Paling Populer. http://putuyoga.wordpress.com/2010/07/04/bahasa-pemrograman-populer/.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar