Kamis, 06 Desember 2012

Tutorial Aplikasi Numbers Slot Machine Game


Konsep program aplikasi Numbers Slot Game :
1.      Deskripsi
Numbers Slot Game adalah sebuah aplikasi game sederhana yang dibuat menggunakan Visual Basic 2010. Game ini sangatlah sederhana hanya digunakan sebagai penghilang penat setelah bekerja.
2.      Tujuan
·         Mendapatkan nilai yang bagus dalam jurnal praktikum Teknologi Informatika 2012 modul 3.
·         Menghibur dan dapat menghilangkan penat.
3.      Manfaat
·         Mengetahui basic cara membuat game.
·         Memperoleh nilai dalam jurnal praktikum Teknologi Informatika 2012 modul.
4.      Sasaran User
Semua orang yang membutuhkan refreshing setelah bekerja. Karena gamenya mudah, maka bisa dimainkan dimanapun dan kapanpun sesuai keinginan.

FlowChart:





















Penjelasan Flow Chart :
  1. Start
  2. Nilai awal nyawa dalam game adalah "5" dan counter bernilai "0"
  3. Melakukan proses acak angka
  4. Stop, Berhenti melakukan proses acak angka
  5. jika lives nya "0" maka kalah, tetapi jika lives 0<lives<5, maka melakukan proses acak angka lagi, dan jika sudah mendapatkan 3 angka sama dari 3 label maka menang
  6. setelah menang/kalah, dapat melakukan permainan lagi
  7. End
Tutorial membuat  program game Numbers Slot Machine :
·         Buka aplikasi Visual Basic 2010 dan klik New Project












Form 1


















Form 2

Komponen toolbox yang digunakan :
Form 1
NO
Komponen
Propertis
Keterangan
1
Form 1
Name
Text
BackgrounImage
Form 1
Opening
System.Drawing.Bitmap
2
              Label 1
Name
Text
BackColor
ForeColor
Font
Form 1
Casino Kelompok 007
Transparent
Gainsboro
Matura MT Script Capitals
3
Button 1
Name
Text
BackColor
Font
Button 1
START
Teal
Matura MT Script Capitals
4
Button 2
Name
Text
BackColor
Font
Button 2
EXIT
Teal
Matura MT Script Capitals

Form 2
NO
Komponen
Propertis
Keterangan
1
Form 2
Name
Text
BackgrounImage
Form 2
Slot Game
System.Drawing.Bitmap
2
Label 1
Name
Font
BackColor
Label 1
Microsoft Sans Serif
Brown
3
Label 2
Name
Font
BackColor
Label 2
Microsoft Sans Serif
Brown
4
Label 3
Name
Font
BackColor
Label 3
Microsoft Sans Serif
Brown
5
Label 4
Name
Text
Font
BackColor
Label 4
Count :
Microsoft Sans Serif
Violet
6
Label 5
Name
Text
Font
BackColor
Label 5
Life :
Microsoft Sans Serif
Violet
7
Label 6
Name
Font
BackColor
Label 6
Microsoft Sans Serif
Violet
8
Label 7
Name
Font
BackColor
Label 7
Microsoft Sans Serif
Violet
9
Button 1
Name
Text
Font
BackColor
Button 1
SPIN
Microsoft Sans Serif
Teal
10
Button 2
Name
Text
Font
BackColor
Button 2
STOP
Microsoft Sans Serif
Teal
11
Button 3
Name
Text
Font
BackColor
Button 3
END
Microsoft Sans Serif
Teal
12
Button 4
Name
Text
Font
BackColor
Button 4
PLAY AGAIN
Microsoft Sans Serif
Teal
13
Timer 1
Name
Interval
Timer 1
100

Analisis Listing :
Form 1
Public Class Form1

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        Me.Text = "Opening"
        ‘Text pada form 1 berubah menjadi Opening
    End Sub

    Private Sub Button1_Click_1(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Form2.Show()
        Me.Hide()
        ‘Setelah Button 1 diklik, Form 2 akan muncul kemudian Form 1 akan disembunyikan

    End Sub

    Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        End
        ‘Program diakhiri
    End Sub

End Class


Form 2

Public Class Form2
    Dim lives As Integer
    Dim counter As Integer
    ‘Mendeklarasikan lives dan counter sebagai integer atau bilangan asli

Private Sub Form2_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        Me.Text = "Slot Game"
        ‘Text pada Form 2 berubah menjadi Slot Game
        Label1.Visible = True
        Label2.Visible = True
        Label3.Visible = True
        ‘Label 1, 2, dan 3 tampak
    End Sub

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Timer1.Enabled = True
 'Time diaktifkan'
        Label1.Text = ""
        Label2.Text = ""
        Label3.Text = ""
 'Mengosongkan masing-masing label

        counter = counter + 1
        lives = 5 – counter
        ‘Jumlah counter yang baru adalah jumlah counter yang tertera ditambah 1
        ‘Jumlah lives adalah 5 dikurang jumlah counter yang tertera
        Label6.Text = counter
        Label7.Text = lives
        ‘Label 6 adalah jumlah counter dan label 7 adalah jumlah lives

        If Label6.Text = "" Then
            Label7.Text = ""
            counter = ("0")
        End If
     ‘Jika Label 6 kosong maka Label 7 juga kosong dan counter nya 0
        If Label6.Text = "5" Then
            Label7.Text = ""
            counter = "0"
            Timer1.Enabled = False
            MessageBox.Show("Sorry, You lost :( ")
            ‘Jika Label 6 = 5 maka Label 7 kosong dan counter nya 0. Timer juga berhenti kemudiian muncul MessageBox yang berisi “Sorry, You lost L
            Button1.Enabled = False
            Button2.Enabled = False
            Button3.Enabled = True
            Button4.Enabled = True
        End If
            ‘Setelah MessageBox ditutup, Button 1 dan Button 2 tidak aktif maka tidak dapat diklik sedangkan Button 3 dan 4 dapat diklik

        Label1.Text = CStr(Int(Rnd() * 10))
        Label2.Text = CStr(Int(Rnd() * 10))
        Label3.Text = CStr(Int(Rnd() * 10))
        ‘Label 1, 2, dan 3 akan diacak menggunakan timer


        If Timer1.Enabled = True Then Button1.Enabled = False
        If Timer1.Enabled = True Then Button2.Enabled = True
        If Timer1.Enabled = True Then Button3.Enabled = True
        If Timer1.Enabled = True Then Button4.Enabled = False
        ‘Jika Timer sudah aktif atau Button 1 sudah diklik maka Button 1 dan 4 menjadi tidak aktif sedangkan yang aktif hanya Button 2 dan 3
    End Sub

    Private Sub Timer1_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Timer1.Tick
        Label1.Text = Int(Rnd() * 10)
        Label2.Text = Int(Rnd() * 10)
        Label3.Text = Int(Rnd() * 10)
 'Label akan menampilkan bilangan acak 0-9'
    End Sub

    Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        Timer1.Enabled = False
        Button1.Enabled = True
        Button2.Enabled = True
        Button3.Enabled = True
        Button4.Enabled = False
 'Timer tidak diaktifkan. Maka Button 1, 2, dan 3 aktif sedangkan Button 4 tidak aktif
        If (Label1.Text = Label2.Text) Or (Label1.Text = Label3.Text) Or (Label2.Text = Label3.Text) Then
            MsgBox("YOU WIN!")
            Label1.Visible = True
            Label2.Visible = True
            Label3.Visible = True
            Label6.Text = " "
            Label7.Text = " "
            counter = Nothing

            Button1.Enabled = False
            Button2.Enabled = False
            Button3.Enabled = True
            Button4.Enabled = True
        End If
        ‘Jika dua diantara Label 1, 2, dan 3 menunjukan angka yang sama maka muncul MessageBox berisi “YOU WIN!” setelah itu Label 1, 2, dann 3 tetap terlihat dan menunjukan angka terakhir dalam masing-masing label sedangkan Label 6 dan 7 serta counter nya menjadi kosong. Button yang aktif hanya Button 3 dan 4.
    End Sub

    Private Sub Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button3.Click
        End
        ‘Apabila Button 3 diklik maka game akan berakhir
    End Sub

    Private Sub Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button4.Click
        Label1.Text = " "
        Label2.Text = " "
        Label3.Text = " "
        Label6.Text = " "
        Label7.Text = " "
        counter = Nothing
        ‘Mengosonngkan Label 1-7 dan counter nya

        Label1.Visible = True
        Label2.Visible = True
        Label3.Visible = True
        ‘Menampakkan Label 1, 2, dan 3

        Button1.Enabled = True
        Button2.Enabled = False
        Button3.Enabled = True
        Button4.Enabled = False
        ‘Setelah Button 4 diklik, Button yang aktif hanya Button 1 dan 3
    End Sub
End Class


download aplikasi
http://www.4shared.com/rar/wDJFMfCR/puzzle_kel_7.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar