Konsep aplikasi puzzle :
1. Deskripsi
Aplikasi
puzzle adalah sebuah aplikasi permainan asah otak mengurutkan puzzle berupa
angka dalam suatu urutan tertentu.
2. Tujuan
·
Mendapatkan nilai yang bagus dalam
jurnal praktikum Teknologi Informatika 2012 modul 1.
·
Membuat suatu game yang bermanfaat dan
mudah dimengerti.
3. Manfaat
·
Mengetahui fungsi koding-koding yang
dipakai dalam aplikasi puzzle.
·
Memperoleh nilai dalam jurnal praktikum
Teknologi Informatika 2012 modul 3.
4. Sasaran User
Semua
orang yang ingin mengasah otak dengan game puzzle
Flowchart:
Penjelasan Flow Chart:
- Start
- baca urut-urutan button di puzzle
- Diproses dengan mengubah urut-urutan puzzle
- Jika sudah cocok dengan urutan di module, maka menang, tetapi jika belum benar maka masih lanjut di proses nomor 3
- Jika menang maka akan keluar message box "yihaaa"
- End
Cara
membuat form biodata untuk pendaftaran
·
Buka Visual Basic 2010, lalu klik new
project
·
Kemudian buatlah 1 form, dengan memilih
project
·
Klik Add Windows Form
·
Kemuadian buatlah 1 module, dengan
memilih project
·
Klik add module
Form1
Komponen
Toolbox yang digunakan :
No
|
Komponen
|
Properties
|
Keterangan
|
1
|
Form1
|
Name
Text
BackgroundImage
BackgroundImageLayout
|
Form1
Game_Puzzle
System.Drawing.Bitmap
Stretch
|
2
|
Button1
|
Name
Text
BackColor
ForeColor
|
Button1
1
Black
Red
|
3
|
Button2
|
Name
Text
BackColor
ForeColor
|
Button2
2
Black
Red
|
4
|
Button3
|
Name
Text
BackColor
ForeColor
|
Button3
3
Black
Red
|
5
|
Button4
|
Name
Text
BackColor
ForeColor
|
Button4
4
Black
Red
|
6
|
Button5
|
Name
Text
BackColor
ForeColor
|
Button5
5
Black
Red
|
7
|
Button6
|
Name
Text
BackColor
ForeColor
|
Button6
6
Black
Red
|
8
|
Button7
|
Name
Text
BackColor
ForeColor
|
Button7
7
Black
Red
|
9
|
Button8
|
Name
Text
BackColor
ForeColor
|
Button8
8
Black
Red
|
10
|
Button9
|
Name
Text
BackColor
ForeColor
|
Button9
Black
Red
|
11
|
ToolStripButton1
|
Name
ToolTipText
BackColor
ForeColor
|
ToolStripButton1
Play
Red
Black
|
12
|
ToolStripButton2
|
Name
TextTipText
BackColor
ForeColor
|
ToolStripButton2
Exit
Red
Black
|
13
|
Module1
|
Name
|
Module1
|
Masukkan
Listing berikut :
1.
Form1
Public Class Form1
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
CheckButton(Button1, Button2)
CheckButton(Button1, Button4)
CheckSolved()
'perintah untuk mengeksekusi perpindahan
button yang terisi ke button yang kosong
End Sub
Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
CheckButton(Button2, Button1)
CheckButton(Button2, Button3)
CheckButton(Button2, Button5)
CheckSolved()
'perintah untuk mengeksekusi perpindahan
button yang terisi ke button yang kosong
End Sub
Private Sub Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button3.Click
CheckButton(Button3, Button2)
CheckButton(Button3, Button6)
CheckSolved()
'perintah untuk mengeksekusi perpindahan
button yang terisi ke button yang kosong
End Sub
Private Sub Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button4.Click
CheckButton(Button4, Button1)
CheckButton(Button4, Button5)
CheckButton(Button4, Button7)
CheckSolved()
'perintah untuk mengeksekusi perpindahan
button yang terisi ke button yang kosong
End Sub
Private Sub Button5_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button5.Click
CheckButton(Button5, Button2)
CheckButton(Button5, Button4)
CheckButton(Button5, Button6)
CheckButton(Button5, Button8)
CheckSolved()
'perintah untuk mengeksekusi perpindahan
button yang terisi ke button yang kosong
End Sub
Private Sub Button6_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button6.Click
CheckButton(Button6, Button3)
CheckButton(Button6, Button5)
CheckButton(Button6, Button9)
CheckSolved()
'perintah untuk mengeksekusi perpindahan
button yang terisi ke button yang kosong
End Sub
Private Sub Button7_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button7.Click
CheckButton(Button7, Button4)
CheckButton(Button7, Button8)
CheckSolved()
'perintah untuk mengeksekusi perpindahan
button yang terisi ke button yang kosong
End Sub
Private Sub Button8_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button8.Click
CheckButton(Button8, Button5)
CheckButton(Button8, Button7)
CheckButton(Button8, Button9)
CheckSolved()
'perintah untuk mengeksekusi perpindahan
button yang terisi ke button yang kosong
End Sub
Private Sub Button9_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button9.Click
CheckButton(Button9, Button6)
CheckButton(Button9, Button8)
CheckSolved()
'perintah untuk mengeksekusi perpindahan
button yang terisi ke button yang kosong
End Sub
Private Sub
ToolStripButton2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles ToolStripButton2.Click
If MsgBox("Are you sure?", vbYesNo +
vbQuestion + vbDefaultButton2, "Quit") = vbYes Then
Me.Close()
'mengeluarkan kotak dialog untuk menanyakan
apakah yakin akan keluar dari aplikasi ketika memilih tombol exit
End If
End Sub
Private Sub Form1_FormClosing(ByVal sender As Object, ByVal e As
System.Windows.Forms.FormClosingEventArgs) Handles Me.FormClosing
Dim x = MsgBox("Are you sure?", vbYesNo +
vbQuestion)
If (x = Windows.Forms.DialogResult.No) Then
e.Cancel = True
'mengeluarkan kotak dialog untuk menanyakan
apakah yakin akan keluar dari aplikasi ketika memilih tombol silang di sebelah
kanan atas aplikasi
End If
End Sub
Private Sub
ToolStripButton1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles ToolStripButton1.Click
play()
Button1.Visible = True
Button2.Visible = True
Button3.Visible = True
Button4.Visible = True
Button5.Visible = True
Button6.Visible = True
Button7.Visible = True
Button8.Visible = True
Button9.Visible = True
'apabila di klik akan memulai permainan dan
memunculkan tombol-tombol untuk permainan puzzle
End Sub
End Class
2.
Module1
Module Module1
Sub CheckButton(ByRef Butt1 As Button, ByRef Butt2 As Button)
If Butt2.Text = "" Then
Butt2.Text = Butt1.Text
Butt1.Text = ""
'perintah yang menyebabkan kotak button dapat
berpindah tempat ketika di sampingnya ada button yang tidak memiliki nilai
End If
End Sub
Sub CheckSolved()
If (Form1.Button1.Text = "1" And Form1.Button2.Text
= "2" And Form1.Button3.Text
= "3" And
Form1.Button4.Text = "4" And Form1.Button5.Text
= "5" And Form1.Button6.Text
= "6" And
Form1.Button7.Text = "7" And Form1.Button8.Text
= "8") Or (Form1.Button1.Text
= "7" And Form1.Button2.Text
= "8" And Form1.Button9.Text
= "3" And
Form1.Button4.Text = "4" And Form1.Button5.Text
= "5" And Form1.Button6.Text
= "6" And
Form1.Button7.Text = "1" And Form1.Button8.Text
= "2") Then
MsgBox("yihaa", vbInformation, "play")
play()
'pengaturan yang menyebabkan si pemain dapat
memenangkan game apabila memenuhi kondisi di atas
End If
End Sub
Sub play()
Dim a(8), i, j, RN As Integer
Dim jalan As Boolean
jalan = False
i = 1
a(j) = 1
Do While i <= 8
Randomize()
RN = CInt(Int((8 * Rnd()) + 1))
For j = 1 To i
If (a(j) = RN) Then
jalan = True
Exit For
End If
Next
If jalan = True Then
jalan = False
Else
a(i) = RN
i = i + 1
End If
Loop
Form1.Button1.Text = a(1)
Form1.Button2.Text = a(2)
Form1.Button3.Text = a(3)
Form1.Button4.Text = a(4)
Form1.Button5.Text = a(5)
Form1.Button6.Text = a(6)
Form1.Button7.Text = a(7)
Form1.Button8.Text = a(8)
Form1.Button9.Text = ""
'perintah untuk mengacak angka button dalam
puzzle serta memulai permainan
End Sub
End Module
download aplikasi
http://www.4shared.com/rar/wDJFMfCR/puzzle_kel_7.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar