Kamis, 06 Desember 2012

Tutorial Program Aplikasi Sliding Puzzle


Konsep aplikasi puzzle :
1.      Deskripsi
Aplikasi puzzle adalah sebuah aplikasi permainan asah otak mengurutkan puzzle berupa angka dalam suatu urutan tertentu.
2.      Tujuan
·         Mendapatkan nilai yang bagus dalam jurnal praktikum Teknologi Informatika 2012 modul 1.
·         Membuat suatu game yang bermanfaat dan mudah dimengerti.
3.      Manfaat
·         Mengetahui fungsi koding-koding yang dipakai dalam aplikasi puzzle.
·         Memperoleh nilai dalam jurnal praktikum Teknologi Informatika 2012 modul 3.
4.      Sasaran User
Semua orang yang ingin mengasah otak dengan game puzzle

Flowchart:





























Penjelasan Flow Chart:
  1. Start
  2. baca urut-urutan button di puzzle
  3. Diproses dengan mengubah urut-urutan puzzle
  4. Jika sudah cocok dengan urutan di module, maka menang, tetapi jika belum benar maka masih lanjut di proses nomor 3
  5. Jika menang maka akan keluar message box "yihaaa"
  6. End


Cara membuat form biodata untuk pendaftaran
·         Buka Visual Basic 2010, lalu klik new project
·         Kemudian buatlah 1 form, dengan memilih project
·         Klik Add Windows Form
·         Kemuadian buatlah 1 module, dengan memilih project
·         Klik add module















Form1
Komponen Toolbox yang digunakan :
No
Komponen
Properties
Keterangan
1
Form1
Name
Text
BackgroundImage
BackgroundImageLayout
Form1
Game_Puzzle
System.Drawing.Bitmap
Stretch
2
Button1
Name
Text
BackColor
ForeColor
Button1
1
Black
Red
3
Button2
Name
Text
BackColor
ForeColor
Button2
2
Black
Red
4
Button3
Name
Text
BackColor
ForeColor
Button3
3
Black
Red
5
Button4
Name
Text
BackColor
ForeColor
Button4
4
Black
Red
6
Button5
Name
Text
BackColor
ForeColor
Button5
5
Black
Red
7
Button6
Name
Text
BackColor
ForeColor
Button6
6
Black
Red
8
Button7
Name
Text
BackColor
ForeColor
Button7
7
Black
Red
9
Button8
Name
Text
BackColor
ForeColor
Button8
8
Black
Red
10
Button9
Name
Text
BackColor
ForeColor
Button9

Black
Red
11
ToolStripButton1
Name
ToolTipText
BackColor
ForeColor
ToolStripButton1
Play
Red
Black
12
ToolStripButton2
Name
TextTipText
BackColor
ForeColor
ToolStripButton2
Exit
Red
Black
13
Module1
Name
Module1

Masukkan Listing berikut :
1.      Form1
Public Class Form1

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        CheckButton(Button1, Button2)
        CheckButton(Button1, Button4)

        CheckSolved()
        'perintah untuk mengeksekusi perpindahan button yang terisi ke button yang kosong
    End Sub

    Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
        CheckButton(Button2, Button1)
        CheckButton(Button2, Button3)
        CheckButton(Button2, Button5)

        CheckSolved()
        'perintah untuk mengeksekusi perpindahan button yang terisi ke button yang kosong
    End Sub

    Private Sub Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button3.Click
        CheckButton(Button3, Button2)
        CheckButton(Button3, Button6)

        CheckSolved()
        'perintah untuk mengeksekusi perpindahan button yang terisi ke button yang kosong
    End Sub

    Private Sub Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button4.Click
        CheckButton(Button4, Button1)
        CheckButton(Button4, Button5)
        CheckButton(Button4, Button7)

        CheckSolved()
        'perintah untuk mengeksekusi perpindahan button yang terisi ke button yang kosong
    End Sub

    Private Sub Button5_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button5.Click
        CheckButton(Button5, Button2)
        CheckButton(Button5, Button4)
        CheckButton(Button5, Button6)
        CheckButton(Button5, Button8)

        CheckSolved()
        'perintah untuk mengeksekusi perpindahan button yang terisi ke button yang kosong
    End Sub

    Private Sub Button6_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button6.Click
        CheckButton(Button6, Button3)
        CheckButton(Button6, Button5)
        CheckButton(Button6, Button9)

        CheckSolved()
        'perintah untuk mengeksekusi perpindahan button yang terisi ke button yang kosong
    End Sub

    Private Sub Button7_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button7.Click
        CheckButton(Button7, Button4)
        CheckButton(Button7, Button8)

        CheckSolved()
        'perintah untuk mengeksekusi perpindahan button yang terisi ke button yang kosong
    End Sub

    Private Sub Button8_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button8.Click
        CheckButton(Button8, Button5)
        CheckButton(Button8, Button7)
        CheckButton(Button8, Button9)

        CheckSolved()
        'perintah untuk mengeksekusi perpindahan button yang terisi ke button yang kosong
    End Sub

    Private Sub Button9_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button9.Click
        CheckButton(Button9, Button6)
        CheckButton(Button9, Button8)

        CheckSolved()
        'perintah untuk mengeksekusi perpindahan button yang terisi ke button yang kosong
    End Sub

    Private Sub ToolStripButton2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles ToolStripButton2.Click
        If MsgBox("Are you sure?", vbYesNo + vbQuestion + vbDefaultButton2, "Quit") = vbYes Then
            Me.Close()
            'mengeluarkan kotak dialog untuk menanyakan apakah yakin akan keluar dari aplikasi ketika memilih tombol exit
        End If
    End Sub

    Private Sub Form1_FormClosing(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.FormClosingEventArgs) Handles Me.FormClosing
        Dim x = MsgBox("Are you sure?", vbYesNo + vbQuestion)
        If (x = Windows.Forms.DialogResult.No) Then
            e.Cancel = True
            'mengeluarkan kotak dialog untuk menanyakan apakah yakin akan keluar dari aplikasi ketika memilih tombol silang di sebelah kanan atas aplikasi
        End If


    End Sub

    Private Sub ToolStripButton1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles ToolStripButton1.Click
        play()
        Button1.Visible = True
        Button2.Visible = True
        Button3.Visible = True
        Button4.Visible = True
        Button5.Visible = True
        Button6.Visible = True
        Button7.Visible = True
        Button8.Visible = True
        Button9.Visible = True
        'apabila di klik akan memulai permainan dan memunculkan tombol-tombol untuk permainan puzzle
    End Sub
End Class

2.      Module1
Module Module1
    Sub CheckButton(ByRef Butt1 As Button, ByRef Butt2 As Button)
        If Butt2.Text = "" Then
            Butt2.Text = Butt1.Text
            Butt1.Text = ""
            'perintah yang menyebabkan kotak button dapat berpindah tempat ketika di sampingnya ada button yang tidak memiliki nilai
        End If
    End Sub


    Sub CheckSolved()
        If (Form1.Button1.Text = "1" And Form1.Button2.Text = "2" And Form1.Button3.Text = "3" And
        Form1.Button4.Text = "4" And Form1.Button5.Text = "5" And Form1.Button6.Text = "6" And
        Form1.Button7.Text = "7" And Form1.Button8.Text = "8") Or (Form1.Button1.Text = "7" And Form1.Button2.Text = "8" And Form1.Button9.Text = "3" And
        Form1.Button4.Text = "4" And Form1.Button5.Text = "5" And Form1.Button6.Text = "6" And
        Form1.Button7.Text = "1" And Form1.Button8.Text = "2") Then
            MsgBox("yihaa", vbInformation, "play")
            play()
            'pengaturan yang menyebabkan si pemain dapat memenangkan game apabila memenuhi kondisi di atas
        End If

    End Sub

    Sub play()
        Dim a(8), i, j, RN As Integer
        Dim jalan As Boolean

        jalan = False
        i = 1
        a(j) = 1

        Do While i <= 8
            Randomize()
            RN = CInt(Int((8 * Rnd()) + 1))
            For j = 1 To i
                If (a(j) = RN) Then
                    jalan = True
                    Exit For
                End If
            Next
            If jalan = True Then
                jalan = False
            Else
                a(i) = RN
                i = i + 1
            End If
        Loop
        Form1.Button1.Text = a(1)
        Form1.Button2.Text = a(2)
        Form1.Button3.Text = a(3)

        Form1.Button4.Text = a(4)
        Form1.Button5.Text = a(5)
        Form1.Button6.Text = a(6)

        Form1.Button7.Text = a(7)
        Form1.Button8.Text = a(8)
        Form1.Button9.Text = ""
        'perintah untuk mengacak angka button dalam puzzle serta memulai permainan
    End Sub

End Module



download aplikasi
http://www.4shared.com/rar/wDJFMfCR/puzzle_kel_7.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar